Minggu, 27 November 2016

Dasar-Dasar Telekomunikasi


Definisi
Sejarah telekomunikasi di dunia ini diawali dengan adanya penemuan telegraph tahun 1837 di Inggris, telegraph tahun 1845 di Perancis, dan Alexander Graham Bell memperkenalkan telepon pada bulan Maret 1876.

Istilah ‘tele’ berasal dari bahasa Yunani yang berarti jauh, sehingga istilah telekomunikasi berarti komunikasi jarak jauh, dan istilah lain berikut: Telephone > pembicaraan jarak jauh, Televisi  > penglihatan jarak jauh, Telegraph > tulisan jarak jauh

Dalam telekomunikasi suatu bentuk ‘informasi’ atau ‘berita’ diubah menjadi bentuk isyarat yang dapat disampaikan ke tujuan tertentu. Selanjutnya di tempat tujuan, isyarat tersebut diubah kembali ke bentuk yang diinginkan.

Tujuan Telekomunikasi yaitu untuk menyampaikan informasi dari suatu lokasi (pengirim) ke lokasi lainnya (penerima). Telekomunikasi juga dapat diartikan sebagai proses pentransmisian suatu pesan di antara dua lokasi yang berjauhan. Namun seiring perkembangannya, telekomunikasi tidak harus dilakukan untuk jarak yang jauh. Dengan demikian telekomunikasi dapat dipahami sebagai proses penyampaian informasi menggunakan media tertentu dari pengirim ke penerima.

Bentuk-bentuk informasi data yang disampaikan dapat berbentuk pesan (message) yang berupa: Suara, Gambar (grafik, diagram, citra), Data, dan Video.
Jaringan telepon, sampai tahun dengan 1980-an, masih bersifat analog. Informasi data harus diubah dulu ke isyarat yang sesuai dengan isyarat analog. Namun saat ini komunikasi data berkembang pesat, punya jaringan tersendiri. Suara dapat dikonversi menjadi isyarat digital dan data bisa tetap ditransmisi dalam bentuk digital.

Transmisi Baseband dan Transmisi Broadband
Transmisi Baseband
Pada transmisi Baseband  satu single data ditransmisikan secara langsung melalui media transmisi satu channel seperti kabel atau  kawat, dengan tegangan positif dan negatif. Pengiriman data tergantung pada jarak transmisi dan kualitas media yang digunakan.

Kelebihan Transmisi Baseband
§  Biaya relatif murah (untuk area tertentu) 
§  Bentuk teknologinya sederhana 
§  Mudah dalam instalasi dan pemeliharaan

Kekurangan Transmisi Baseband
§  Kapasitas pengiriman terbatas 
§  Untuk area yang luas dibutuhkan biaya yang relatif mahal 
§  Perlu diperhatikan sambungan kabel

Transmisi Broadband
Pada transmisi Broadband, lebih dari satu isyarat (informasi) dapat ditransmisikan bersama-sama, dengan satu media yang sama, atau dengan media frekuensi radio atau satelit. Broadband merupakan suatu teknik yang menggunakan cara bahwa data dikirimkan dengan menggunakan teknik modulasi atau dibawa oleh isyarat pembawa (carrier).

Kelebihan Transmisi Broadband
§  Kapasitas pengiriman cukup tinggi, karena memiliki beberapa frekuensi pembawa. 
§  Untuk transmisi Broadband dengan media frekuensi radio atau satelit, maka daerah jangkauan lebih luas

Kekurangan Transmisi Broadband
§  Waktu tunda relatif lebih besar karena dilakukan modulasi dan demodulasi 
§  Instalasi dan pemeliharaan relatif lebih sulit
 sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar